KESALAHAN TRADER PEMULA YANG SERING TERJADI

KESALAHAN TRADER PEMULA

YANG SERING TERJADI

Kesalahan merupakan hal yang biasa terjadi di diri manusia namun apabila sering melakukan kesalahan yang sama menandakan manusia tsb tidak belajar dari kesalahan. Maka dari itu penulis ingin mengingatkan beberapa kesalahan trader pemula yang sering terjadi di dunia trading.

 

1.       Mencari holygrail dalam trading saham.

Seseorang yang belum begitu mengenal dunia saham mungkin akan memikiran membeli saham yang pasti-pasti untung saja lalu pemikiran ini membawanya untuk mencari metode terbaik yang PASTI memberikan keuntungan. Namun pada faktanya tidak ada metode di dunia trading yang memberikan sinyal pasti. Setiap metode dan indikator pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing serta penempatan penggunaan yang berbeda.

Sinyal yang cepat biasanya sering memberikan sinyal palsu dan sinyal yang lambat memberikan sinyal yg cukup akurat namun lambat memberikan sinyal buy. JADI DIPASTIKAN JANGAN MENCARI RUMUS PASTI saat trading saham.

2.       Tidak disiplin

Seorang trader pasti memiliki style nya masing dalam menentukan entry dan exit sebuah saham. Style kita mesti dijadikan sebuah peraturan untuk diri kita. Ketika muncul sinyal exit segeralah exit walaupun belum dalam posisi untung alias rugi. Memang terkadang ada momen saat kita cutloss malah keesokan harinya saham tsb naik signifikan alias terbangggg. Ketika dihadapi momen seperti itu let it go saja, ikhlaskan rezeki yang bukan milik kita.

3.       Tidak memiliki trading plan

Perencanaan merupakan hal penting dalam segala hal begitu juga saat kita trading.Ketika kita memutuskan untuk entry suatu saham maka kita juga harus menentukan kapan kita exit dari saham tsb. Maka sebelum entry tentukanlah range anda untuk entry, CL di brp, TP1 di berapa dan TP2 di berapa. Untuk teknik entry,Cutloss dan Take Profit akan dibahas di artikel selanjutnya. Setelah kita menentukan trading plan seperti apa maka DISIPLIN lah terhadap tradingplan tsb. Jika kita melanggar tradingplan kita sama saja kita mengkhinati kerja keras kita untuk mikir tradingplan tsb.

4.       Latah dalam membeli

Memang saat ini grup-grup saham sangat menjamur di media sosial dari akun instagram,stockbit dan grup-grup di wa maupun telegram. Karena terlalu banyak menerima informasi tentang saham seperti “saham BBBB potensi upside 60%”, “Belii saham zzzz sesi ke-2 kemungkianan ara” maka tangan latah dalam meng-klik tombol BUY di OLT. Sebaiknya apapun informasi yang kita terima alangkah baiknya difilter terlebih dahulu jangan tergesa gesa dalam mengambil keputusan.

5.       Ikut rekomendasi yang tidak sesuai style kita

Penulis sarankan untuk mengikuti grup-grup yang memang sesuai style kita dalam transaksi saham. Misalnya Jika kita suka saham-saham swing jangan masuk grup scalper.ketika grup merekomendasi saham gorengan yang fluktuatif kita ikut entry juga, semua member grup cuan tp kita malah loss karena tidak terbiasa trading saham tipikal scalper. Intinya tidak semua rekomendasi cocok dengan style kita. Trading lah sesuai gaya anda yang membuat anda nyaman.

 

masih ada beberapa kesalahan trader pemula yang belum penulis cantumkan, untuk poin-poin lainnya akan dibahas di post selanjutnya. semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. yang paling penting kita bisa memperbaiki kesalahan kita dan menjadi manusia yang lebih baik hari demi hari baik di dunia trading maupun di dunia nyata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *